Waspada Modus Penipuan Transaksi Saat Liburan
Tetap waspada di tengah serunya liburan. Kenali modus fraud dan scam (penipuan) di era digital yang saat ini sedang marak melalui pesan SMS, Whatsapp, E-mail maupun panggilan telepon yang mengatasnamakan Bank tertentu. Penipuan melalui telepon dan media sosial ini dapat menimbulkan kerugian finansial bagi Anda
Lalu pencegahan apa yang dapat dilakukan? Yuk, disimak 3 tips berikut ini!
1. Hati-hati saat menerima panggilan masuk dari nomor yang tidak diketahui
Jika Anda menerima panggilan telepon yang mengatasnamakan Bank, pastikan untuk cek informasinya ke website resmi Bank tersebut. BCA Syariah hanya memiliki contact center resmi di Halo BCA 1500888 atau melalui sosial media resmi kami di @bcasyariah.official (Instagram) dan BCA Syariah (Facebook).
2. Jangan asal klik pesan atau link dari kontak yang tidak dikenal
Jangan sembarangan untuk membuka file atau link dari nomor yang Anda tidak ketahui. Pastikan dahulu bahwa Anda mengenal orang yang mengirimkan pesan tersebut.
3. Identitas digitalmu adalah rahasiamu
Digital identity (identitas digital) dapat diartikan sebagai representasi identitas seseorang dalam sebuah jaringan sistem informasi dan teknologi digital. Identitas digital ini biasanya berisikan tentang kata sandi dan angka.
Pastikan Anda tidak memberikan data-data rahasia berikut ini kepada orang lain:
- OTP (One Time Password)
- PIN ATM
- User ID dan Password Mobile Banking dan Internet Banking
- CVV Kartu Debit/Kartu Kredit
Ingat, petugas bank tidak pernah meminta data rahasia anda
Lebih cermat dan berhati-hati! Penipuan, peretasan atau pembobolan dapat Anda hindari dengan menerapkan tips-tips di atas. Nikmati kenyamanan dan keamanan dalam bertansaksi dengan BCA Syariah Mobile. Cek videonya disini