Tata Nilai

Tata nilai BCA Syariah adalah konsep nilai yang disusun dengan tujuan memberikan landasan moral dan perilaku bagi setiap insan BCA Syariah yang berkarya dalam organisasi BCA Syariah.

BCA Syariah meyakini bahwa setiap insan dalam organisasi adalah modal yang paling utama. Oleh sebab itu, tata nilai BCA Syariah dikembangkan dari keyakinan BCA Syariah bahwa untuk dapat meraih visi dan misinya, dibutuhkan insan-insan yang menganut serangkaian nilai tertentu. Tata nilai BCA Syariah mengandung empat nilai inti yang disingkat TRIP yaitu:

 

TEAMWORK (Kerja Sama)

Adalah interaksi dan sinergi yang didasari atas pemahaman diri sendiri dan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Nilai Teamwork memiliki 3 perilaku kunci yaitu:

  • Understand (Memahami)
    Memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan orang lain serta menyelaraskan tindakan atas pemahaman tersebut.
  • Interact (Berinteraksi)
    Menciptakan dan memelihara hubungan yang kuat dan berkualitas secara terus-menerus.
  • Synergy (Sinergi)
    Memberikan masukan dan/atau tindakan yang bermanfaat untuk mencapai tujuan bersama.

RESPONSIBILITY (Tanggung Jawab)

Mengandung pengertian melaksanakan peran dan tugas dengan penuh perhatian dan kepedulian untuk memenuhi harapan dan kebutuhan nasabah yang spesifik. Nilai Responsibility memiliki 3 perilaku kunci yaitu:

  • Act (Bertindak)
    Melaksanakan tugas dengan baik, ikhlas, dan menyeluruh.
  • Aware (Peduli)
    Memiliki kepekaan, pengertian, dan perhatian atas situasi dan/atau nasabah.
  • Serve Sincerely (Melayani dengan Tulus)
    Melayani dengan cara menggali, memahami, dan memenuhi kebutuhan nasabah dengan empati serta memberikan solusi yang tepat sesuai dengan karakter nasabah.

INTEGRITY (Integritas)

Mengandung pengertian sikap teguh dalam menjunjung tinggi kejujuran, komitmen, dan keterbukaan, yang dilakukan secara konsisten untuk membangun kepercayaan perusahaan bagi nasabah. Nilai Integrity memiliki 3 perilaku kunci yaitu:

  • Honest (Jujur)
    Menyampaikan fakta secara bijaksana dengan tetap memperhatikan kepentingan Perusahaan dan nasabah.
  • Commit (Berkomitmen)
    Mematuhi semua peraturan, ketentuan, kode etik, dan norma-norma yang berlaku, loyal dan bangga menjadi bagian dari BCAS.
  • Transparent (Terbuka)
    Bersikap terbuka dengan tetap menjalankan prinsip kehati-hatian dan memperhatikan kepentingan Perusahaan dan nasabah.

PROFESSIONAL (Profesional)

Mengandung pengertian secara positif menampilkan citra, sikap, dan kompetensi yang secara konsisten ditingkatkan untuk menjadi lebih baik dalam melaksanakan peran dan tugas guna meningkatkan citra perusahaan. Nilai Professional memiliki 3 perilaku kunci yaitu:

  • Appearance (Citra Positif)
    Berpenampilan, bersikap, dan berkomunikasi secara profesional. 
  • Competence (Kompetensi)
    Memiliki kompetensi teknis dan non teknis untuk menunjang pelaksanaan tugas.
  • Continuous Improvement (Perbaikan yang Berkelanjutan)
    Memiliki kemauan dan kemampuan untuk memperbaiki kinerja secara terus-menerus agar mencapai hasil yang lebih baik.