21 Desember 2021

Edukasi Keuangan Mustahik Kelompok Gerobak Jajanan Sehat

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama dengan BCA Syariah menyelenggarakan edukasi penguatan manajemen usaha kepada mustahik dari Kelompok Gerobak Jajanan Sehat, Jumat (17/12).

Mengusung tema Kiat Cerdas Dalam Mengelola Keuangan, kegiatan ini berlangsung di Hutan Bambu, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pengumpulan Retail BAZNAS Fitriansyah Agus Setiawan, Manager Pengumpulan Retail BAZNAS Asto Duriad, Koordinator Program Mustahik Pengusaha Raden Ahmad Nabhan dan Kepala Departeman Komunikasi & Kesekretarian Perusahaan BCA Syariah Nadia Amalia.

Materi pelatihan ini, dimulai dengan pemaparan materi mengenai inovasi produk yang dipaparkan oleh Pendamping Program Mustahik Pengusaha, Arif Wibawa Mukti. Arif menuturkan bahwa inovasi penting dilakukan oleh pelaku usaha agar bisa bertahan dan terus berkembang.

“Setiap pelaku usaha terutama usaha yang tergabung dalam Kelompok Gerobak Jajanan Sehat binaan BAZNAS, hendaknya terus melakukan evaluasi dan inovasi dari usahanya. Inovasi ini penting untuk meningkatkan kualitas produk, menciptakan pasar baru di tengah masyarakat, memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga bisa terus sustain dan berkembang. Contoh inovasi tersebut misalkan pengembangan produk pempek yang masih pada umumnya, bisa dikembangkan dengan perbanyak varian seperti pempek hitam, pempek crispy, pempek panggang, dan sebagainya,” tutur Arif.

Dalam kegiatan yang sama, mustahik juga dibekali materi tentang Kiat Cerdas Dalam Mengelola Keuangan disampaikan oleh Nadia Amalia dari BCA Syariah. Materi ini berfokus kepada meningkatkan kesadaran mustahik binaan pentingnya mengelola dan mengoptimalkan keuangan hasil dari usahanya tanpa mengganggu keuangan rumah tangga.

"Pelaku usaha harus pandai memisahkan keuangan usaha dengan keuangan rumah tangga serta menyisihkan sebagian keuntungan usaha untuk menambah modal usaha agar usahanya dapat terus berkembang," ucap Nadia.

Kelompok Gerobak Jajanan Sehat merupakan kelompok usaha mustahik yang merupakan binaan LPEM BAZNAS melalui Program Mustahik Pengusaha. Program Mustahik Pengusaha adalah program pemberdayaan ekonomi untuk mustahik produktif yang akan menjalankan usaha atau sudah menjalankan usaha dari berbagai jenis produk. Dari kategori usahanya program ini bertujuan mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Badan Amil Zakat Nasional
Pilihan Pertama Pembayar Zakat
Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
#InovasiBerkaryaUntukUmat
#LPEM
#MustahikPengusah

Sumber: https://baznas.go.id

Kembali