10 Oktober 2022

Dukung Indonesia Syariah Economic Festival, BCA Syariah Terima Penghargaan dari Bank Indonesia

Jakarta – 10 Oktober 2022, PT Bank BCA Syariah raih penghargaan ISEF Award 2022 untuk kategori Bank Umum Syariah Terkontributif dari Bank Indonesia. Penghargaan diterima oleh Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum dalam acara Closing Ceremony 9th Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2022 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta (9/10/22).

Penghargaan diberikan atas kontribusi BCA Syariah baik dalam program atau kebijakan untuk mendorong pembiayaan syariah selama satu tahun terakhir serta aktivitas serta program atau kebijakan Bank dalam area keuangan sosial syariah.

ISEF AWARD 2022 - Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum (tengah) usai menerima penghargaan ISEF Award 2022 untuk kategori Bank Umum Syariah Terkontributif. Tampak dalam gambar (ki-ka) Direktur Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama RI Tarmizi Tohor, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, Direktur Pendidikan Dhiniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Waryono dan Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Arief Hartawan berfoto bersama di acara closing ceremony 9th ISEF 2022 di JCC, Jakarta (9/10/22).

Yuli Melati Suryaningrum mengatakan, “Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan oleh regulator kepada BCA Syariah. BCA Syariah akan berupaya untuk menjalankan peran intermediasi secara maksimal di seluruh segmen pembiayaan baik pada segmen komersial, konsumer, maupun UMKM untuk mendukung pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan lebih kuat”.

Sampai dengan September 2022, BCA Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp7,4 triliun. Penyaluran pembiayaan yang inklusif menjadi perhatian BCA Syariah di antaranya dengan menyalurkan pembiayaan kepada segmen UMKM yang per September 2022 mencapai 23% dari total portfolio pembiayaan Bank. BCA Syariah juga turut mendukung pembiayaan berkelanjutan dimana lebih dari Rp2 triliun pembiayaan telah tersalurkan pada 6 sektor Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB).

“Penyaluran pembiayaan pada sektor usaha berkelanjutan mencapai 33% dari total portofolio pembiayaan bank. Ini merupakan dukungan kami terhadap implementasi keuangan berkelanjutan nasional. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan komposisi pembiayaan pada kegiatan-kegiatan usaha berkelanjutan yang saat ini belum terjangkau oleh BCA Syariah”, Yuli menambahkan.

Kualitas pembiayaan terjaga dengan baik dengan rasio pembiayaan bermasalah (Non-Performing Financing/NPF) yang terjaga rendah di 1,44%. “Di masa pemulihan ekonomi, penyaluran pembiayaan terus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian pada sektor strategis dan potensial”, kata Yuli.

Pelaksanaan fungsi sosial BCA Syariah fokus pada tiga pilar kegiatan yaitu Peduli Sosial, Peduli Prestasi dan Peduli Sejahtera. Dalam kegiatannya, BCA Syariah Peduli Sejahtera fokus pada pemberdayaan pelaku UMKM. Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain, program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan usaha untuk perempuan pelaku UMKM melalui program WEpreneur by BCA Syariah. BCA Syariah juga bersinergi dengan BAZNAS melalui penyaluran zakat nasabah yang diintegrasikan dengan program pelatihan dan pendampingan mustahik pelaku usaha mikro dalam program Bank Zakat Mikro.

***

Tentang BCA Syariah

PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) merupakan anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk., yang mulai beroperasi pada 5 April 2010. Per September 2022, total aset BCA Syariah mencapai Rp11,3 triliun. Penyaluran pembiayaan BCA Syariah mencapai Rp7,4 triliun. Sementara itu Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat mencapai Rp8,2 triliun. BCA Syariah memiliki 73 jaringan cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Bandung, Bandar Lampung, Palembang, Medan, Banda Aceh, Bireuen, Lhokseumawe, Kediri, Malang dan Makassar serta 100 Layanan Layanan Syariah Bank Umum (LSBU) yang tersebar di beberapa cabang BCA.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:                                                                                                                                                           

PT BANK BCA SYARIAH

Satuan Kerja Bisnis & Komunikasi
Alamat     : Jl. Jatinegara Timur no. 72 Jakarta Timur 13310
Telepon   : (021) 850-5030
E-mail      : bcas_humas@bcasyariah.co.id
 
Kembali