14 April 2021

BCA Syariah Menandatangani Kerja Sama dengan Kemenag untuk Peningkatan Layanan Pengelolaan Setoran Biaya Haji

Jakarta, 14 April 2021 – PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kementerian Agama Tentang Penatalaksanaan Pengelolaan Data dan Informasi Pendaftaran, Pembatalan, dan Pelunasan Jemaah Haji Reguler.

Penandatanganan PKS dilakukan antara Direktur BCA Syariah Pranata dan Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi, di Bekasi, Jawa Barat (12/4/2021) diikuti oleh 30 Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS Bipih).

Penandatanganan Kerja Sama - Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi dan Direktur BCA Syariah Pranata berfoto bersama usai penandatanganan kerja sama tentang Penatalaksanaan Pengelolaan Data dan Informasi Pendaftaran, Pembatalan, dan Pelunasan Jemaah Haji Reguler di Bekasi, Jawa Barat (13/4/2021).

PKS antara Kementerian Agama (Kemenag) dan BPS Bipih diantaranya mengatur tata kelola data dan informasi mengenai setoran awal, setoran lunas, pengembalian Bipih yang batal dan rekonsiliasi data jemaah haji. PKS ini akan berlaku sampai dengan 3 tahun ke depan.

Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi, saat penandatanganan PKS mengatakan, “Perjanjian Kerja Sama ini juga untuk mewujudkan kemitraan dan kerja sama antara Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan BPS Bipih dalam pengelolaan data dan informasi jemaah haji secara profesional, akuntabel, amanah, dan transparan dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji.”[1]

Dalam kesempatan yang sama, Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan, “Kerja sama ini merupakan inisiatif yang sangat baik untuk meningkatkan layanan kepada calon jemaah haji. Pengelolaan data yang lebih profesional akan meningkatkan layanan dan kepercayaan calon jemaah haji sehingga lebih tenang dalam melaksanakan ibadah.”

BCA Syariah terpilih sebagai BPIH Bipih sejak 2018. Layanan penerimaan setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji dapat dilakukan di 69 cabang BCA Syariah yang terhubung langsung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kemenag. Untuk meningkatkan layanan dan akses calon jemaah dalam melakukan setoran biaya haji, BCA Syariah juga bersinergi bersama BCA dengan memberikan layanan penerimaan setoran biaya haji melalui 50 Layanan Syariah Bank Umum (LSBU) yang berlokasi di cabang BCA di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ke depan, jumlah LSBU akan terus ditambah agar dapat melayani calon jemaah haji dengan lebih luas.

[1]  https://haji.kemenag.go.id/v4/tingkatkan-layanan-jemaah-haji-kemenag-bps-bipih-teken-perjanjian-kerjasama

Kembali