BCA Syariah Salurkan Dana Zakat Nasabah Melalui Dompet Dhuafa

Jakarta, 5 Juni 2018. PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) melaksanakan penyaluran dana zakat nasabah tahun 2017 melalui Yayasan Dompet Dhuafa (Dompet Dhuafa) di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta (5/6). Penyerahan dana zakat dilakukan secara simbolis oleh Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih kepada Direktur Corporate Secretary dan Pengembangan Jaringan Dompet Dhuafa Yudha Abadi.

Presiden Direktur BCA Syariah (Tengah) didampingi oleh Ketua Dewan Pengawas Syariah BCA Syariah Faturrahman Djamil dan Presiden Komisaris BCA Syariah Yana Rosiana (Kiri), secara simbolis menyerahkan Dana Zakat Nasabah BCA Syariah kepada Direktur Corporate Secretary dan Pengembangan Jaringan Yayasan Dompet Dhuafa Yudha Abadi.

Dana yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa adalah titipan dana zakat nasabah yang memanfaatkan fitur autodebet zakat dari bonus/bagi hasil rekening di BCA Syariah. Dana tersebut selanjutnya disalurkan oleh Dompet Dhuafa untuk menjalankan program Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Situbondo dalam rangka penguatan kemampuan masyarakat peisisir dan nelayan setempat dalam memanfaatkan potensi perairan untuk budidaya ikan kerapu.

John Kosasih dalam kesempatan tersebut mengatakan, “Penyaluran zakat nasabah merupakan bentuk tanggung jawab kami terhadap nasabah. BCA Syariah bekerjasama dengan lembaga zakat yang terpercaya dan kredibel untuk memastikan dana disalurkan dengan penuh tanggung jawab kepada mereka yang berhak.” Melalui program pemberdayaan masyarakat, zakat yang disalurkan diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui BCA Syariah meningkat setiap tahunnya. Selama 2016 – 2017 penerimaan ZIS di BCA Syariah meningkat sebesar 78%. Sementara per April 2018, dana ZIS yang diterima meningkat 83% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017.

Kemudahan membayar ZIS dapat dinikmati oleh nasabah melalui fitur autodebet zakat pada produk tabungan, giro dan deposito serta melalui menu transfer pada e-channel BCA Syariah yaitu BCA Syariah mobile dan Klik BCA Syariah. “Pembayaran zakat melalui fasilitas e-channel semakin diminati oleh nasabah. Hal ini disebabkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi yang didapat oleh para muzaki. Semua rekening Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah bekerjasama dengan kami otomatis tersedia di daftar transfer BCA Syariah mobile dan Klik BCA Syariah, nasabah tinggal memilih lembaga yang mereka inginkan”, John menambahkan.

Selain melakukan penyaluran zakat, dalam kesempatan tersebut BCA Syariah turut melakukan kegiatan donasi berupa pembagian Paket Peralatan Sekolah untuk anak yatim dan dhuafa sebagai bagian dari program BCA Syariah Peduli Prestasi. Kegiatan ini dilakukan di seluruh cabang BCA Syariah yang ada di Jabodetabek, pulau Jawa dan Sumatera.

Kegiatan donasi tersebut merupakan bagian dari program BCA Syariah Peduli yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. BCA Syariah Peduli menitikberatkan pada tiga fokus kegiatan yaitu BCA Syariah Peduli Sosial, BCA Syariah Peduli Prestasi dan BCA Syariah Peduli Sejahtera. Peduli Sosial menitikberatkan pada layanan kesehatan, lingkungan dan upaya peningkatan hubungan sosial perusahaan dengan masyarakat. Peduli Prestasi fokus pada pendidikan, peningkatan keterampilan dan perbaikan sarana pendidikan. Sementara Peduli Sejahtera fokus pada upaya peningkatan perekonomian masyarakat kecil terutama para pelaku UMKM. Seluruh kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan lingkungan serta membangun kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

(Kiri – Kanan)- Komisaris Independen BCA Syariah Suyanto Sutjiadi, Direktur BCA Syariah Tantri Indrawati dan Sutjedo Prihatono Dewan Pengawas Syariah BCA Syaria menyerahkan secara simbolis paket peralatan sekolah kepada siswa yatim piatu di wilayah kantor pusat BCA Syariah, Jatinegara. Kegiatan ini merupakan simbolisasi pelaksanaan kegiatan CSR BCA Syariah Peduli Pendidikan, Sebar 1.000 Paket Peralatan Sekolah.

(Kiri – Kanan) Lurah Balimester Robert Sihaloho, Direktur BCA Syariah Houda Muljanti dan Direktur BCA Rickyadi Widjaja berphoto bersama usai menyerahkan paket lebaran untuk para Pekerja Harian Lepas wilayah Balimester, Jakarta Timur.

 

Tentang PT Bank BCA Syariah

PT Bank BCA Syariah merupakan anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk., yang mulai beroperasi pada 5 April 2010. Sejak beroperasi BCA Syariah secara berkesinambungan mencatatkan pertumbuhan kinerja perusahaan yang berkualitas. Per Kuartal I 2018, total Aset Bank BCA Syariah telah mencapai   Rp. 6,12 triliun atau mengalami pertumbuhan 14 % dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy). Dana Pihak Ketiga mencapai Rp. 4,86  triliun atau tumbuh 16 % yoy . Sementara, pembiayaan BCA Syariah mencapai Rp. 4,29  triliun tumbuh 23% yoy, dengan NPF yang terjaga pada posisi yang rendah dan sehat yaitu 0.5 % secara gross dan 0.17 % secara nett.

BCA Syariah hingga saat ini memiliki 58 jaringan cabang yang terdiri dari 11 Kantor Cabang (KC), 12 Kantor Cabang Pembantu (KCP), 3 Kantor Fungsional (KF) dan 32 Unit Layanan Syariah (ULS) yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok, Bekasi, Surabaya, Semarang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Malang (data per Mei 2018).


Hit Counter provided by laptop reviews